Pengaderan 2017

Peserta sedang Mendengarkan Sesi Sharing

Halo teman – teman, tulisan kali ini akan membahas mengenai Pangaderan Akuntansi 2017. Seperti pada umumnya, setiap jurusan itu memiliki ciri khas masing – masing dalam hal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), khusus untuk jurusan Akuntansi kegiatan ini disebut dengan Pangaderan.

Pangaderan 2017 sendiri memiliki beberapa rangkaian acara. Dimulai pada tanggal 22 Agustus 2017 berupa penerimaan mahasiswa baru oleh prodi. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 27 Agustus 2017, dan puncaknya pada tanggal 10 September 2017. Jadi terdapat tiga rangkaian utama acara Pangaderan 2017.

Pada internalisasi I seperti biasa para mahasiswa baru berkumpul dengan teman – teman sekelompoknya juga pembimbing kelompok untuk membahas tugas yang diberikan. Tugas untuk rangkaian acara pertama yaitu membuat buku yang berisikan tugas – tugas yang akan dikumpulkan setiap minggunya. Rangkaian pertama ini disebut dengan zero, yang mana kegiatan Pangaderan lebih diisi dengan training mengenai management conflict yang disampaikan oleh lulusan akuntansi tahun 2000, juga ada sharing mengenai apa yang mereka lakukan selama kuliah, apa yang sudah mereka berikan untuk kampus, dan manfaat yang dirasakan dari kegiatan di kampus terhadap kehidupan nyata setelah menyelesaikan studinya. Acara pertama ini bertujuan agar para mahasiswa baru bisa mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan juga agar mereka bisa membagi waktu.

Pada internalisasi II yang dimulai dari tanggal 4 September 2017 – 9 September 2017 diisi oleh kegiatan pembahasan poster dan video tentang perbedaan mahasiswa dan siswa, dan ini merupakan tugas kelompok yang akan ditampilkan pada rangkaian acara III pada tanggal 10 September 2017.

Dan pada rangkaian acara terakhir yaitu 10 September 2017, kegiatan Pangaderan ini lebih bertemakan welcoming party agar para mahasiswa baru lebih bergembira karena kegiatan – kegiatan pada rangkaian I lebih bertemakan materi dan sharing. Diawal kegiatan rangkaian acara yang terakhir ini diisi dengan menyaksikan video juga menampilkan hasil poster yang dibuat oleh peserta Pangaderan, kemudian ada beberapa penampilan dari angkatan 2015 sampai 2017, ada games, juga makan siang bersama. Dan acara ditutup dengan melepaskan balon sebagai tanda berakhirnya masa Pangaderan juga tanda resmi menjadi mahasiswa akuntansi Universitas Padjadjaran.

Beberapa Tugas Peserta Pengaderan

Nah yang membedakan pangaderan tahun ini dengan pangaderan ditahun – tahun sebelumnya itu yaitu dalam pencapaian nilai. Di tahun – tahun sebelumnya, untuk lulus Pangaderan ini, para mahasiswa baru harus mencapai nilai di atas batas yang telah ditetapkan, dan ternyata banyak yang lulus dengan nilai rata – rata 90 juga dalam hal pengurangan poin pun dianggap terlalu kecil. Jadi, berdasarkan informasi yang didapatkan langsung dari OCP Pangaderan 2017 Husain Syahriar, bahwa Pangaderan tahun ini mengenai pemberian nilai akan dilaksanakan lebih ketat. Misalnya, jika peserta datang terlambat poin yang dikurangi akan cukup besar berbeda dengan tahun sebelumnya yang dianggap terlalu kecil. Dengan tujuan agar peserta Pangaderan lebih disiplin juga ada penghargaan kepada peserta pangaderan yang bisa mendisiplinkan diri.

Namun jika ada peserta pangaderan yang tidak lulus, solusi yang diberikan ada dua yaitu dengan tugas pengganti dan peserta pangaderan juga bisa naik banding karena ketidaklulusannya.
Ada juga kesan – kesan yang disampaikan oleh para peserta pangaderan, diantaranya:
1. Seru, asik, sangat bermanfaat, kita dapat banyak banget pelajaran selama mengikuti pangaderan (Hasna Hanifah)
2. Acaranya rame, asik, dan ga ngebosenin. Di sini juga kita dituntut disiplin dalam hal apapun. Dan juga lebih solid lagi sama temen – temen di akunpad 2017 (Dian Tiara N)
3. Kesannya menyenangkan banget, bisa kenal dan deket sama temen – temen baru, kenal sama kating yang super baik dan bisa sharing sama alumni yang udah sukses (Yola)

Terakhir, ini adalah pesan yang diberikan oleh OCP Pangaderan 2017 untuk para mahasiswa baru, yaitu:
1. Bisa lebih dekat sama 1 angkatan, tidak ada kelompok dalam angkatan
2. Berharap bisa mengambil ilmu dari acara Pangaderan yang diberikan, berharap juga bisa aktif di himpunan karena sudah diberikan informasi tentang himpunan
3. Bisa mengambil pelajaran dari lulusan – lulusan yang sudah sukses yang bisa membagi waktu dan tips – tips kuliah

OCP Pengaderan 2017
Husain Syahriar

Nah, kira – kira itulah cerita keseruan Pangaderan 2017 kali ini, dan kami ucapkan selamat bergabung kepada adik – adik mahasiswa baru di Akuntansi Unpad 2017!!!

-Diliput oleh Vania Desiwilona